Manfaat Peta Konsep Ilmu Ekonomi Dalam Pembelajaran Ekonomi

Manfaat Peta  Konsep  Ilmu Ekonomi  Dalam  Pembelajaran  Ekonomi      
Pada dasarnya peta konsep ilmu ekonomi memiliki manfaat antara lain sebagai berikut.
1. Dapat digunakan sebagai landasarn untuk mengorganisasikan pengeta-huan ekonomi.
2. Dapat digunakan untuk mengeksploitasi kompetensi ekonomi yang ada pada peserta didik.
3. Dapat digunakan sebagai landasan penyusunan sistematika pembelajaran ekonomi.
4. Dapat digunakan sebagai landasan penyusunan kerangka (outline) buku pelajaran ekonomi.
5. Untuk membantu meringkas makna dari isi buku pelajaran ekonomi.
6. Untuk membantu penyusunan kurikulum bidang studi ekonomi.
7. Untuk membantu menampilkan pengetahuan ekonomi dan perubahannya dalam proses pembelaran ekonomi.
8. Membantu peserta didik mengitegrasikan pengetahuan ekonomi yang  telah dimiliki dan yang baru dipelajari dalam proses pembelajaran ekonomi.
9. Membantu guru maupun peserta didik untuk memahami konsep ekonomi secara utuh dan sistematis.

Dengan melihat manfaat peta konsep ilmu ekonomi tersebut, jelaslah bahwa peta konsep ilmu ekonomi memiliki peran penting dalam pembelajaran ekonomi. Dengan peta konsep tersebut, pembelajaran ekonomi akan lebih mudah mencapai kompetensi peserta didik yang diinginkan dalam pembelajaran ekonomi. Hal ini disebabkan peta konsep ilmu ekonomi akan mempermudah guru dalam mengorganisasikan pengetahuan ekonomi menjadi materi pembelajaran yang utuh, sistematis, dan logis.

Di samping itu, peta konsep ekonomi juga akan mempermudah penulis buku pelajaran ekonomi untuk mengorganosasikan pengetahuan/materi ekonomi menjadi sebuah karya tulis (buku pelajaran) yang berkualitas dilihat dari sisi keutuhan dan sistematika materi. Karakteristik materi pembelajaran yang demikian itulah yang mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang dipelajari.

Berdasarkan uraian materi di muka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa peta konsep ilmu ekonomi memiliki manfaat yang sangat penting bagi pendidik dan bagi penulis buku pelajaran ekonomi dalam mengorganisasikan pengetahuan/materi ekonomi. Peta konsep ilmu ekonomi ini akan dapat diguakan sebagai landasan pengembangan dan pengorganisasin pengeta-huan/materi ekonomi sehingga terwujud materi pembelajaran ekonomi yang utuh dan sistematis. Dalam kaitannya dengan penulisan buku pelajaran ekonomi, peta konsep ilmu ekonomi juga dapat menjadi landasan bagi penulis untuk mengembangkan dan mengorganisasikan pengetahuan/materi ekonomi, sehingga terwujud buku pelajaran yang berkualitas dari sisi keutuhan dan sistematika materinya. Kesimpulan lebih lanjut dapat dikatakan bahwa peta konsep ilmu ekonomi memiliki peran yang sangat penting bagi pendidik maupun penulis buku pelajaran ekonomi dalam rangka mewujudkan materi pembelajaran ekonomi yang utuh, sistematis, dan logis. Karakteristik materi yang demikian itulah yang mempermudah bagi peserta didik untuk memahami materi yang dipelajarinya. Dengan demikian secara tidak langsung, adanya peta konsep ilmu ekonomi aan membantu dan memperlancar pembelajaran ekonomi dalam mencapai tujuannya.